Ilmu Budaya Dasar

1. Apa yang dimaksud dengan Ilmu Budaya Dasar? Jelaskan!

Ilmu Budaya Dasar adalah pengetahuan yang diharapkan dapat memberikan pengetahuan dasar dan pengertian umum tentang konsep-konsep yang dikembangkan untuk mengkaji masalah-masalah manusia dan kebudayaan. Istilah llmu Budaya Dasar dikembangkan di Indonesia sebagai pengganti istilah Basic Humanitiesm yang berasal dari istilah bahasa Inggris “The Humanities”. Adapun istilah Humanities itu sendiri berasal dan bahasa latin humanus yang bisa diartikan manusia, berbudaya dan halus. Dengan mempelajari the htimanities diandaikan seseorang akan bisa menjadi lebih manusiawi, lebih berbudaya dan lebih halus. Dengan demikian bisa dikatakan bahwa the humanities berkaitan dengan nilai-nilai yaitu nilai-nilai manusia sebagai homo humanus atau manusia berbudaya. Agar supaya manusia bisa menjadi humanus, mereka hams mempelajari ilmu yaitu the humanities disamping tidak meninggalkan tanggungjawabnya yang lain sebagai manusia itu sendiri.

Sumber : Bachtiar’s Blog http://bachtiarutomo.blogspot.com/2012/04/tugas-minggu-ke-1-ilmu-budaya-dasar.html

2. Jelaskan mengenai manusia dan kebudayaan!

Hubungan antara manusia dan kebudayaan adalah manusia sebagai perilaku kebudayaan dan kebudayaan merupakan objek yang dilaksanakan manusia. Dalam sosiologi manusia dan kebudayaan dinilai sebagai dwitunggal adalah bahwa walaupun keduanya berbeda tetapi keduanya merupakan satum kesatuan. Manusia menciptakan kebudayaan dan setelah kebudayaan itu tercipta maka kebudayaan engatur hidup manusia agar sesuai dengannya. Tampak kedua nya akhirnya merupakan satu kesatuan.

Contoh : adat-istiadat melamar di Lampung dan Minangkabau. Di Minangkabau biasanya pihak perempuan yang melamar sedangkan di Lampung pihak laki-laki yang melamar.

Sumber : Nav_cool http://navcool.blogspot.com/2012/03/2-jelaskan-mengenai-manusia-dan-cinta.html

3. Jelaskan mengenai konsepsi ilmu budaya dalam kesusastraan!

Kesusastraan adalah bidang sastra yang secara umum berbentuk prosa baik itu prosa lama maupun prosa baru.

Prosa lama dihadirkan dalam bentuk dongeng, sejarah, hikayat, dan lain-lain, sedangkan dalam prosa baru disajikan dalam bentuk cerpen atau cerita pendek, biografi, novel maupun kisah. Setiap prosa memberikan nilai-nilai tersendiri yang terkandung didalam cerita yang ada didalamnya, seperti pelipur lara atau penghiburan, ada nilai moral yang terkandung didalamnya, informasi dan juga wawasan yang akhirnya kita ketahui setelah membaca dan mencermati setiap isi cerita yang disajikan.

Contoh sastra yang mengandung konsep budaya adalah seperti pada puisi yang memiliki tata bahasa yang terkadang sukar dicerna artinya karena setiap kata yang tergolong tingkatan tinggi yang dibuat sedemikian rupa oleh penyairnya. Puisi termasuk seni sastra, sedangkan satra bagian dari kesenian, dan kesenian adalah cabang unsur kebudayaan.

Sumber : Yoga Hariman K http://yogaahk.blogspot.com/2012/03/konsepsi-ilmu-budaya-dasar-dalam.html

4. Jelaskan mengenai manusia dan cinta kasih!

Cinta adalah rasa sayang kepada siapa pun yang membuatnya tertarik tanpa ada rasa paksaan dan ketulusan hati, sedangkan kasih adalah artinya perasaan sayang atau cinta dengan menaruh rasa belas kasihan, di simpulkan cinta kasih adalah rasa sayang yang tulus disertai dengan perasaan sayang dan menaruh belas kasihan.

Terdapat perbedaan antara cinta dan kasih, cinta itu lebih mengandung pengertian tentang rasa yang mendalam sedangkan kasih merupakan pengungkapan untuk mengeluarkan rasa mengarah kepada yang dicintai, dan ada yang bilang cinta itu beda tipis dengan nafsu, itu salah menurut saya, cinta itu bersifat manusia dan mengandung unsure rohani / jiwa, kalau nafsu bersifat jasmani / keinginan sesaat yang cenderung menuntut / memaksa.

Cinta juga ada dasar yaitu Pengasuhan seperti ibu kepada anaknya, rasa tanggung jwab berdasarkan rasa suka rela, perhatian merupakan suatu perbuatan yang bertujuan untuk mengembangkan pribadi orang lain agar ada keterbukaan satu sama lain, pengenalan merupakan keingin untuk mengetahui rahasia manusia.

Sumber : M.Wijaya Kusuma http://mwijayakusuma.blogspot.com/2012/03/jelaskan-mengenai-manusia-dan-cinta.html

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s