WAJAH BAHASAKU KINI

Pandangan Tentang Maraknya Penggunaan Bahasa Indonesia yang Tidak Baku di Kalangan Anak Muda dan Solusinya

 

Menurut saya maraknya penggunaan bahasa Indonesia yang tidak baku dikalangan anak muda dikarenakan perhatian orang tua terhadap perkembangan anaknya. Pengaruh utama dari segi pengucapan bahasa sehari-hari dan bagaimana orang tua menanggapi perkataan anaknya.

Pengaruh lingkungan yang mendominasi perkembangan anak- anak zaman sekarang yang lebih menggunakan bahasa gaul. Bahasa yang digunakan oleh anak muda pada umum nya ini muncul dari kreatifitas mengolah kata baku dalam bahasa Indonesia menjadi kata yang tidak baku (bahasa gaul) dan cenderung tidak lazim. Bahasa gaul kita dapati dimana saja, karena bahasa gaul dapat timbul di iklan televisi, lirik lagu remaja, novel remaja dan banyak lagi. Inilah pernyataan bahwa tumbuhnya bahasa gaul ditengah keberadaan bahasa Indonesia tidak dapat dihindari, ini karena pengaruh perkembangan teknologi yang terus berkembang dank arena bahasa gaul dipakai anak muda kebanyakan, maka cepat atau lambat bahasa Indonesia akan bergeser keberadaannya.

Serta banyaknya sekolah dan instansi pendidikan yang memperbolehkan anak-anak didik menggunakan bahasa sehari-hari dalam kegiatan sekolah/pendidikan yang membuat anak muda zaman sekarang sudah biasa menggunakan bahasa sehari-hari.

Solusi mengatasi maraknya penggunaan bahasa Indonesia yang tidak baku

 

Kesadaran orang tua untuk mengajarkan kepada anak-anak nya untuk membiasakan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar yang dimulai dari awal pertumbuhan, sehingga di saat remaja mereka mempunyai jati diri bahwa bahasa yang mereka punya itu adalah bahasa Indonesia yang baik dan benar. Sebaiknya orang tua juga perlu memperhatikan lingkungan yang mempunyai tutur bahasa yang baik. Begitu pun dikalangan pendidikan setiap guru tidak hanya guru bahasa Indonesia yang menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar, melainkan seluruh guru pelajaran yang lain mulai dari sekarang untuk menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar.  

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s